10.25.2016

SUKSES BUDIDAYA UDANG VANNAMEI : PRAKATA

I.          Pendahuluan


1.1    Perkembangan Budidaya Udang Indonesia
Beberapa jenis plankton yang kurang menguntungkan seperti Blue Green Algae (Oscillatoria, Microcystis, Anabaena, Phormidium), Euglenphyta (Euglena) dan Dinoflagellata (Gonyaulax, Alexandrium, Prorocentrum, Gymnodinium, Gyrodinium, Peridinium, Amphidinium) juga eningkat populasinya.
Budidaya Udang Vannamei Kolam Bundar - Secaba Farm
Demikian juga beberapa jenis bakteri patogen terutama Vibrio seperti V. Parahemolyticus, V. Harveyi, V.alginolyticus, Pseudomonas dan lain-lain. Daya dukung kolam ditandai dengan makin rendahnya produktifitas kolam, perlambatan pertumbuhan dan ketidakstabilan warna air. Berkembangnya penyakit udang akibat pengaruh gabungan dari penurunan mutu induk, benur serta mutu perairan dan daya dukung kolam. Penyakit Myo dan WSSV merupakan ancaman serius untuk saat ini di sentra produksi udang.
1.2         Kegagalan Budidaya Akibat Penurunan Kualitas Lingkungan dan Serangan Penyakit)
Limbah tambak juga turut memperparah penurunan kualitas air laut. Akibatnya terjadi penyuburan di air laut (organik tinggi, N dan P tinggi) sehingga memacu perkembangan plankton dan bakteri baik yang bersifat merugikan. Antara lain semakin meningkatnya populasi Blue Green Algae dan Inoflagellata. Perkembangan populasi bakteri Vibro yang terus meningkat. Hal ini akan berakibat menimbulkan strees pada udang, kekebalan udang menurun, dan mudah terserang penyakit.Adanya penurunan kualitas air laut dan berkembangnya bakteri pathogen menimbulkan resiko masuknya bibit penyakit bila mengambil laut secara langsung tanpa melalui tandon dan sterilisasi. Serangan penyakit yang menyebabkan hancurnya pertambakan udang antara lain:
-       Serangan penyakit Vibriosis, kunang kunang disebabkanVibrio harveyi  pada tahun 1990 – 1995
-       Serangan virus MBV tahun 1989 – 1995
-       Serangan virus Yellow  Head tahun 1993 di beberapa daerah
-       Serangan virus WSSV mualai tahun 1995
-       Serangan virus Taura(TSV) mualai tahun 2003
-       Serangan virus IMN mulai tahun 2006
-       Diduga ada serangan virus LvNV(dulu PvNV) mulai 2008. Dugaan ini muncul akibat adanya serangan penyakit yang sangat mirip dengan IMN tetapi hasil analisis dengan PCR menunjukan bahwa sample udang negatif IMN.Untuk itu, perlu dilakukan upaya mengurangi air masuk dari luar secara langsung,  air baru yang di ambil harus di sterilkan dan ditampung dalam reservoir.
1.3         Pilihan Teknologi Budidaya
Penerapan sistem sedikit atau tanpa ganti air memiiki resiko antara lain terjadi penumpukan bahan organik didasar tambak, terjadi penumpukan ammonia di dalam lingkungan tambak, perkembangan populasi plankton yang cepat pekat (over –bloom ) dan terjadi kematian plankton, aktifitas perombakan bahan organik tinggi sehingga kebutuhan oksigen menjadi tinggi, berkembangnya populasi bakteri baik yang pathogen maupun non pathogen serta semakin besarnya kemungkinan udang menjadi stres dan bermasalah.
Antisipasi terhadap penurunan kualitas lingkungan antara lain menggunakan pakan yang berkualitas, pengelolaan pakan yang tepat, tambahan aerasi yang cukup menggunakan probiotik untuk mengurangi bahan organik, menurunkan amonia, dominasi bakteri menguntungkan dan menekan bakteri yang merugikan. Serta bahan lain yang dapat meningkatkan kualitas air dan dasar tambak. Sedangkan antisipasi terhadap kondisi kesehatan udang dapat dilakukan dengan memberrikan vitamin (terutama vitamin C dan E) untuk anti stres dan meningkatkan kekebalan, menggunakan immunostimulant untuk meningkatkan kekebalan udang terhadap serangan penyakit, selalau memantau kondisi kesehatan dan pertumbuhan udang, dan berusaha menghindari terjadinya stres akibat penanganan yang salah (sampling, kontrol, anco, panen parsial).
1.4         Kiat Sukses Budidaya Udang Vaname
Kiat sukses usaha budidaya udang vaname ada 7 jurus menurut DR. Made L. Nurjana yaitu:


1.             Carrying capacity
2.             Self Purifying Capacity
3.             Careful with medicine
4.             Kontruksi tambak yang benar

Video Budidaya Kolam Bundar Biofloc Vannamei



0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Kritik yang membangun, terima kasih ...